Selasa, 20 Agustus 2013

Tips melindungi Laptop dari Virus Komputer

Laptop yang diciptakan untuk mendukung mobilitas ini sebenarnya lebih rentan terhadap Serangan Virus, karena sebagian besar laptop sekarang sudah dilengkapi dengan WiFi, kemudahan koneksi internet inilah yang membuat laptop cukup rentan dengan serangan virus. Maka dari itu saya akan memberikan sedikit cara untuk Menjaga Komputer atau Laptop anda dari virus yang bandel. 


Virus on Komputer


Ada banyak cara untuk Scan Virus/Trojan/Warm di laptop yang sudah terlanjur terinfeksi virus, bisa dengan cara men-sharing-kan laptop tersebut untuk discan dengan komputer/laptop yang bersih dan punya antivirus yang selalu terupdate. Atau bila Anda mempunyai Harddisk Eksternal bisa membackup terlebih dahulu data yang Anda miliki kemudian restore File Ghost Laptop Anda, setelah itu install antivirus, dan jangan lupa sering Update antivirus Anda dengan updatean terbaru, setelah itu baru scan kembali data Anda. 

Bila laptop Anda sering berinteraksi dengan dunia maya, maka besar kemungkinan ribuan virus akan mencoba untuk memasuki sistem laptop tersebut. Internet memang mempermudah penyebaran virus, apalagi saat ini, sebuah virus sudah dapat menyebarkan dirinya ke seluruh Jaringan komputer yang ada di dunia nyata hanya dalam hitungan beberapa detik. Berikut ini saya akan share Tips untuk melindungi Laptop dari Virus Komputer, chekidot di bawah ini. 

  1. Gunakanlah antivirus yang terekomendasi bagus dan handal. Anda bisa menggunakan antivirus yang tersedia gratis di internet. Atau kalo masih ragu dengan antivirus gratis, bisa juga menggunakan antivirus yang berbayar.
  2. Bila menggunakan antivirus berbayar, maka sebaiknya pastikan antivirus tersebut mempunyai perwakilan di Indonesia, Hal ini cukup penting bila terjadi masalah pada antivirusnya. Bahkan antivirus yang mempunyai perwakilan di Indonesia akan lebih cepat mengupdate bila ada serangan virus lokal.
  3. Pastikan sistem operasi yang Anda gunakan selalu dalam keadaan terupdate. Karena kenyataannya celah keamanan selalu ditemukan oleh hacker atau sang pembuat virus itu sendiri. Hal itulah yang menyebabkan mengapa sistem operasi harus selalu dalam keadaan terupdate. Disamping mengamankan dari serangan virus, melakukan update sistem operasi juga akan membuat laptop berjalan dalam keadaan stabil.
  4. Lakukanlah backup data secara rutin. Hal ini akan mencegah Anda kehilangan data penting apabila laptop Anda ternyata masih terinfeksi virus. Jika sering menggunakan disket, flashdisk, harddisk eksternal, pada komputer/laptop yang dipakai oleh banyak orang, ingatlah selalu untuk melakukan scanning antivirus pada media penyimpanan tersebut sebelum Anda menjalankannya pada laptop kesayangan Anda.
  5. Waspadalah terhadap lampiran/attachment email. Sampai saat ini, lampiran email merupakan sarana yang paling disukai oleh pembuat virus untuk menyebarkan virus buatannya. Disamping mudah menipu penerima email, penyebaran via lampiran email juga berlangsung sangat cepat. Jangan pernah membuka suatu lampiran email sebelum melakukan scanning dengan program antivirus, walau email tersebut datang dari sahabat Anda sekalipun.
  6. Berhati-hatilah saat mendownload program gratisan yang banyak ditawarkan di internet. Selalulah mengunduh dari situs yang terpercaya berdasarkan review banyak orang. Lakukan scanning installer program tersebut sebelum dipasang di komputer.
  7. Saat melakukan browsing, maka sebaiknya berhati-hati terhadap website atau link yang disebar via program messangger.

Demikian sedikit tips komputer yang dapat  bagikan kepada sahabat pembaca sekalian. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi bahan review anda sekalian. Terima kasih sudah membaca informasi di blog ini tentang Cara melindungi/menjaga Laptop dari serangan Virus Komputer terbaru, Thanks!